IHT di SDN 1 Pasar Baru Pagatan

In House Training (IHT) merupakan terminologi dari Bahasa Inggris yang sering digunakan dalam dunia pendidikan. Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia In House Trainning adalah kegiatan pelatihan yang dilaksanakan secara internal di sekolah atau tempat lain yang objek kajiannya tentang pendidikan. In House Trainning Sistem Penjaminan Mutu Internal dimaknai sebagai kegiatan pelatihan tentang penjaminan mutu di sekolah yang hasilnya diharapkan sekolah dapat memenuhi kriteria Standar Nasional Pendidikan (SNP). 
Bapak Kabid Dikdas Amiluddin, S. Pd., MM sedang menyampaika materi
tentang Kebijakan Pendidikan di Kabupaten Tanah Bumbu

Sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen  dalam  satuan  pendidikan  disebut sebagai  SPMI.SPMI mencakup seluruh  aspek penyelenggaraan pendidikan  dengan memanfaatkan  berbagai sumberdaya untuk  mencapai  SNP. Sistem penjaminan mutu ini dievaluasi dan dikembangkan secara berkelanjutan oleh satuan pendidikan untuk dituangkan dalam pedoman pengelolaan satuan pendidikan serta disosialisasikan kepada pemangku  kepentingan  satuan pendidikan. Agar pelaksanaan SPMI dapat dilakukan oleh seluruh  satuan  pendidikan dengan optimal, perlu  dikembangkan  satuan pendidikan yang akan  menjadi model penerapan penjaminan mutu pendidikan  secara mandiri, yang selanjutnya  disebut  sekolah model, sebagai gambaran langsung kepada satuan pendidikan lain yang akan menerapkan penjaminan mutu pendidikan sehingga terjadi pola pengimbasan pelaksanaan penjaminan  mutu  hingga  ke  seluruh satuan pendidikan di Indonesia.

Bapak Fasilitator Daerah Drs. H. Said Fadlullah, M. Pd memberikan materi
tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal

SDN 1 Pasar Baru Pagatan yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai sekolah model sistem penjaminan mutu pendidikan telah melaksanakan kegiatan In House Training pada hari Sabtu tanggal 21 Oktober 2017. Bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Amiluddin, S. Pd., MM selaku Kabid Dikdas dan Bapak Drs H. Said Fadlullah, M. Pd selaku fasilitator daerah penjaminan mutu pendidikan. 

Dalam paparannya Bapak Kabid menyampaikan beberapa hal penting, diantaranya 
  • Pentingnya peran kepala sekolah terhadap kemajuan pendidikan. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajerial yang handal.
  • Pembagian tugas yang harus disesuaikan dengan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Setiap personil bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing - masing. Agar tenaga pendidik  dan tenaga kependidikan   dalam menjalankan tupoksinya berjalan dengan baik dan lancar perlu ditopang dengan pendanaan yang cukup.
  • Keterbukaan, transparansi, dan akuntabilitas penggunaan dalam penggunaan keuangan sekolah.
  • Pendataan sekolah berbasis onlin perlu ditopang oleh tenaga operator yang handal dan pendanaan yang memadai. Kesejahteraan operator sekolah perlu diperhatikan. Istilah Bapak Kabid "Buatlah Operator Sekolah Tersenyum" 
Peserta Kigiata IHT 

Sedangkan Bapak Drs. H. Said Fadlullah, M. Pd dalam paparannya menyampaikan tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal. Hal - hal pokok yang disampaikan antara lain,
  • Pentingnya kemampuan guru dan tenaga kependidikan  mempetakan kekuatan dan kelemahan sekolah dengan membaca dan menganalisis Raport Mutu Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP), kemampuan merencanakan peningkatan mutu dengan melihat kepada kelemahan kondisi sekolah, melaksanakan peningkatan mutu melalui berbagai kegiatan seperti workshop, KKG Mini, bimtek, dll. Perlunya evaluasi kegiatan pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan yang objektif dan jujur untuk memastikan seluruh proses kegiatan berlangsung sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. 
  • Menjelaskan secara terperinci tentang pengisian Lembar Kerja Analisis Akar Masalah, Lembar Kerja Penyusunan Rencana Peningkatan Mutu, Lembar Kerja Implementasi Peningkatan Mutu, dan Lembar Kerja Penyusunan Indikator Evaluasi. 
  • Reviu terhadap hasil kerja penyusunan LK, telaah terhadap hasil bedah RKAS dan Dokumen 1 yang telah dilakukan oleh SDN 1 Pasar Baru Pagatan pasca kegiatan Bimtek di SMPN 2 Kusan Hilir tanggal 29 Agustus 2017. 
  • Melanjutkan kerja kelompok untuk menyempurnakan penyusunan Lembar Kerja Analisis Akar Masalah, Lembar Kerja Penyusunan Rencana Peningkatan Mutu, Lembar Kerja Implementasi Peningkatan Mutu, dan Lembar Kerja Penyusunan Indikator Evaluasi. 
Berfoto bersama selesai kegiatan IHT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL SDN 1 PASAR BARU PAGATAN

EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI SDN 1 PASAR BARU

SDN 1 Pasar Baru di Perkemahan Pramuka Ranting Kusan Hilir